Senin, 02 Mei 2016

Liberti dan Dua Mata

Liberti

Menurut pengertiannya, liberti adalah titik bebas pada suatu batu yang letaknya bersebelahan vertikal dan horizontal.

untuk lebih jelasnya
bisa dilihat pada diagram di bawah.


Untuk formasi di sebelah kiri-atas, satu batu hitam memiliki EMPAT titik liberti. Titik diagonal TIDAK merupakan liberti. Liberti hanya titik yang bersebelahan dengan batu horizontal dan vertikal.

Untuk formasi di sebelah kiri-bawah, dua batu hitam membentuk formasi menyambung sehingga dua batu saling berbagi liberti. Sehingga bisa dikatakan bahwa formasi dua batu hitam memiliki ENAM liberti.

Untuk formasi di sebelah kanan-atas, dua batu putih membentuk formasi yang sama dengan dua batu hitam di sebelah kiri-bawah, memiliki ENAM liberti.

Untuk formasi di sebelah kanan-bawah, terlihat jika ada batu lawan yang mengisi titik liberti. Maka masing-masing batu akan berkurang libertinya, dalam kasus ini, memiliki TIGA liberti.



Fungsi Liberti

Dengan menempatkan batu kita ke semua titik-titik liberti batu lawan, maka kita dapat menangkap batu lawan (capture rule).


Pada diagram di atas, batu hitam telah menempati 3 titik liberti batu putih. Batu putih sekarang hanya memiliki SATU liberti. Kondisi dimana formasi batu hanya memiliki SATU liberti disebut ATARI.

Dengan satu langkah hitam di titik liberti putih yang terakhir, maka batu putih akan tertangkap. Inilah yang dinamakan aturan menangkap batu lawan (capture rule).

Permainan Igo membolehkan para pemain untuk menempatkan langkahnya pada semua titik pada papan, KECUALI pada titik yang mengakibatkan batu tidak memiliki liberti sama sekali (suicide rule)


Dua Mata

Suatu formasi bisa dikatakan hidup abadi jika formasi tersebut membentuk titik-titik dimana batu lawan tidak bisa mengisi liberti.


Pada diagram, formasi batu hitam kiri-atas hanya memiliki SATU liberti yaitu di titik A. Sehingga dapat dikatakan bahwa formasi hitam kiri-atas dalam kondisi atari. Ketika putih menempatkan batu di titik A, maka batu hitam tertangkap.


Berbeda pada formasi batu hitam kanan-bawah. Formasi hitam memiliki 2 liberti. Jika putih melangkah pada titik B atau C maka batu putih tersebut langsung tidak memiliki liberti. Langkah putih pada titik B dan C dilarang karena merupakan suicide rule.

Berikut adalah contoh formasi paling kecil yang memungkinkan batu memiliki dua mata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar