Rabu, 01 Juni 2016

71th Honinbo - bagian 1

Honinbo adalah nama sebuah turnamen igo paling tua yang masih diselenggarakan di jepang. Nama honinbo sendiri diambil dari sebuah sekolah igo pada zaman edo. Sekolah Honinbo banyak melahirkan pemain-pemain igo yang sangat kuat,
salah satunya adalah Shusaku. Ketua Honinbo terakhir yaitu Shusai pada masa pensiunnya dalam bermain igo, memberikan nama 'honinbo' kepada Nihon-kiin untuk digunakan sebagai nama turnamen.

Turnamen honinbo pertama kali diselenggarakan pada tahun1941. Hingga kini turnamen honinbo memasuki gelaran ke 71. Setiap pemain yang memenangkan turnamen honinbo secara beruntun sebanyak 5 kali akan diberikan gelar kehormatan "honinbo". Sejak saat ini hanya ada empat orang yang bisa meraih gelar kehormatan honinbo : Takagawa Kaku, Sakata Eio, Ishida Yoshio, dan Cho Chikun.

Sebagai peraturan pertandingan perebutan gelar, para pemain diberikan masing-masing 8 jam untuk berfikir. Tiap-tiap pertandingan akan diselenggarakan selama 2 hari dengan break di hari pertama.

Pada tanggal 9 dan 23 Mei 2016 telah diselenggarakan gelaran pertandingan untuk memperebutkan juara turnamen honinbo. Pemain penantang adalah Takao Shinji 9P akan merebut pemilik gelar honinbo tahun lalu Iyama Yuta 9P. Sebelumnya Iyama Yuta telah memenangi turnamen honinbo pada tahun 2012, 2013, 2014, dan 2015, Sehingga jika pada tahun ini Iyama Yuta bisa memenangkan turnamen, maka dia berhak mendapatkan gelar kehormatan honinbo.

Pertandingan 1


download file sgf

12 : Joseki yang dipilih putih sebenarnya sudah mulai ditinggalkan, tetapi dalam pertandingan ini, masih dimungkinkan karena melihat posisi sudut kanan atas hitam agak terbuka sedikit melebar.
18 : Yang diincar putih dalam pemilihan joseki sebelumnya
41 : Hitam mencoba membangun wilayah yang besar di sisi atas
54 : Posisi yang bagus sebagai batas kontrol antara wilayah hitam dan putih
69 : Hingga langkah ke-81 kedua pemain saling menhancurkan wilayah lawan dibandingkan mencoba membangun wilayahnya masing-masing,
81 : Hitam sedikit memiliki kontrol pada tengah papan.
104 : Terjadi pertukaran wilayah. Putih mengorbankan wilayah (dan batu!) di sudut untuk merebut kontrol wilayah tengah
111 : Vital point!! langkah hitam sangat tajam dan berani
138 : Lagi-lagi terjadi pertukaran penguasaan wilayah. Batu putih disudut hidup kembali! tetapi hitam mendapatkan kembali penguasaannya di tengah
244 : Putih menyerah. Skor sementara 1:0 untuk keunggulan Takao Shinji.
hitungan saya : hitam 53 putih 50 dengan komi 6.5 putih unggul 3.5 poin


Pertandingan 2


download file sgf

13 : Joseki yang dipilih sedikit berbeda dibandingkan joseki pada pertandingan pertama. hal ini karena daerah sudut bawah putih lumayan solid.
16 : langkah aktif untuk berusahan membuat dasar wilayah di sisi kanan
21 : Apakah pola baru? Langkah yang memancing keributan. Putih harus menjawab di Q10!
39 : Akhir dari pertarungan lokal, putih mempunyai kekuatan untuk kontrol wilayah tengah, tetapi dengan konsekuensi bentuk formasi memiliki banyak titik potong!
41 : potong! Putih akan sangat kesulitan jika harus menyelamatkan seluruh grupnya
53 : putih mengorbankan sebagian grupnya untuk membangun kekuatan lebih besar di wilayah tengah. Dan sekarang terlihat ada dua formasi batu hitam yang lemah : di sisi kiri dan kanan atas
60 : Pertama putih mencoba menghancurkan formasi di sebelah kiri dengan ko. putih memiliki ko threat yang banyak di sebelah bawah. Batu putih yang dikorbankan belum sepenuhnya mati.
72 dan 90 : Nilai ko semakin besar. Hitam tidak akan bisa memenangkan pertarungan ko di sini.
96 : pertarungan ko dimenangkan putih dengan hasil wilayah yang sangat luas di pojok kiri bawah
102 : Titik vital formasi hitam
112 : Putih mencoba menyerang formasi besar grup hitam.
150 : setelah serangkaian langkah-langkah yang rumit akhirnya pertarungan lokal di tengah selesai dengan putih berhasil mendapatkan tambahan wilayah di bawah.
154 : Tesuji! keamanan grup hitam terancam!
159 : Bertujuan untuk selanjutnya melangkah ke j6 jika diperlukan
164 : Lagi-lagi ko terbentuk dan sepertinya hitam tidak bisa memenangkan lagi pertarungan ko kali ini.
170 : putih membiarkan hitam melangkah 2 kali di sudut kiri bawah. Sekarang grup hitam benar-benar terancam!
177 : dengan langkah ini grup hitam sudah memiliki 2 mata. Putih mendapatkan keuntungan besar di atas. Ditambah lagi dua batu putih di sebelah kiri belum benar-benar mati
196 : Pertarungan ko untuk ketiga kalinya. Benar-benar pertandingan yang seru!
205 & 206 : terjadi kembali pertukaran wilayah di dua sudut yang berbeda.
230 : Hitam menyerah. Skor sementara 1:1 sama kuat antara Iyama Yuta dan Takao Shinji
hitungan saya : hitam 88 putih 99 dengan komi 6.5 putih unggul 17.5 poin

1 komentar:

  1. Titanium Glasses - Titanium Arts
    Titanium Glasses – Titanium Arts. Our titanium trim as seen on tv store is located in Titanium, Malta. You will find our titanium build for kodi glasses titanium jewelry piercing collection. ford edge titanium for sale Visit our store for t fal titanium pan quality,

    BalasHapus